Bahaya Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

Banyak orang yang tidak terlalu memperdulikan tekanan darah tinggi yang di deritanya padahal tekanan darah tinggi itu sangat berbahaya, apalagi untuk ibu hamil. Tekanan darah tinggi pada kehamilan dapat membahayakan ibu dan janinnya. Hipertensi biasanya terjadi pada kehamilan pertama, kehamilan dibawah usia 20 tahun dan diatas 40 tahun, pada wanita yang menderita obesitas, serta janin kembar. Dampak paling berbahaya yang ditimbulkan oleh hipertensi yaitu preeclampsia, yang bisa mengancam keselamatan ibu dan bayi.( bahaya tekanan darah tinggi pada ibu hamil )

bahaya tekanan darah tinggi pada ibu hamil

Preeklampsia merupakan penyebab kematian kedua terbesar pada kehamilan di dunia. Kematian pada umumnya terjadi akibat keterlambatan penanganan serta ketidaktahuan ibu mengenai Preeklampsia. Dan di negara berkembang, 30% dari total kematian anak saat dilahirkan disebabkan oleh Pre-Eklampsia. Kekurangan gizi menjadi salah satu penyebabnya.

Preeklampsia adalah gejala terjadinya hipertensi pada masa kehamilan yang ditandai dengan 3 gejala khas, yakni naiknya tekanan darah di atas 140/90 mmHG, pembengkakan anggota tubuh, dan adanya protein di dalam air seni ibu. Kehamilan ganda, obesitas, sejarah medis adanya darah tinggi, diabetes atau kelainan ginjal dan kehamilan pada masa remaja atau di atas 40 tahun merupakan faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko Preeklampsia.        

Jangan anggap sepele tekanan darah tinggi karena bahaya tekanan darah tinggi pada ibu hamil bisa menyebabkan kematian

Tingginya tekanan darah mengakibatkan mengecilnya pembuluh darah di uterus, yang berfungsi memberi janin oksigen serta semua nutrisi yang diperlukan. Akibatnya, perkembangan bayi pun terhambat. Karena itu sangat penting mewaspadai bahaya Preeklampsia, terutama bagi Anda yang beresiko tinggi terkena Preeklampsia. Jika Preeklampsia makin parah bisanya akan ditandai dengan kejang bahkan hingga koma. Solusi yang ditawarkan biasanya adalah dengan melahirkan bayi lebih awal jika dirasa janin sudah matang atau jika Preeklampsia ini sudah pada taraf yang sangat membahayakan bagi ibu dan janin.(bahaya tekanan darah tinggi pada ibu hamil )

Apa saja yang bisa memicu pengembangan tekanan darah tinggi? Berikut di antaranya:
- Merokok
- Kelebihan berat badan atau obesitas
- Kurang olahraga
- Terlalu banyak garam dalam diet
- Terlalu banyak konsumsi alkohol
- Stres
- Penuaan usia
- Genetik
- Penyakit ginjal kronis
- Gangguan adrenal dan thyroid

adapun tekanan darah yang normal adalah :

Normal: < 120/80 mmHg
Prahipertensi: 120-139/80-89 mmHg
Hipertensi stadium 1: 140-159/90-99 mmHg
Hipertensi stadium 2: > 160/100

itulah bahaya tekanan darah tinggi pada ibu hamil, jadi untuk anda yang mengalami gejala tekanan darah tinggi segara periksakan ke dokter. Dan untuk mencegah tekanan darah tinggi anda bisa membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat menurukan tekanan darah seperti coklat, pisang, ikan, buah jeruk dan makanan rendah sodium.

atau untuk anda yang sedah terlanjur memiliki tekanan darah tinggi , anda jangan khawatir karena sekarang sudah ada obat alami untuk menurunkan darah tinggi, terbuat dari kulit manggis dan daun sirsak asli obat alami ace maxs sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi anda, untuk info selengkapnya silahkan klik obat alami ace maxs.

Bahaya tekanan darah tinggi pada ibu hamil